Kursus Menjahit

Sabtu, Januari 19, 2013
Mengingat kedua mbah putri saya yang di Gresik maupun yang di Ponorogo (almh.) adalah seorang penjahit, maka merasa malu jika cucu putri-nya tidak bisa menjahit, hehe. Sebenarnya keinginan ini sudah sejak lama, namun baru muncul serta bisa merealisasikannya akhir-akhir ini.
Semua perempuan pasti memiliki naluri keibuan. Satu impian yang ingin saya lakukan ketika menjadi ibu adalah membuatkan baju untuk anak-anak. Tak lama Allah memperlancar keinginan saya untuk belajar. Insya Allah dalam waktu dekat saya akan belajar menjahit bersama bunda. Beliau adalah tukang penjahit baju saya selama di Malang. Mengapa dipanggil bunda? Ceritanya karena anak semata wayang beliau memanggil Bunda. Nama sebenarnya Ibu Arafah.
Hari itu saya melangkahkan kaki menuju rumah bunda untuk menjahitkan baju gamis. Saya dan seorang kawan yang ingin belajar menjahit berkeinginan menyampaikan maksud ini kepada beliau. Ceritanya lagi nih, sekali tempuh dua maksud tersampaikan. Maksud pertama menjahitkan kain untuk baju gamis, dan maksud kedua adalah belajar menjahit bersama bunda. Sebelumnya sempat berdebar-debar, kira-kira bunda mau gak ya ngajarin kita. Dalam feeling saya, melihat bunda yang ramah seperti itu, saya menyimpulkan bahwa bunda bersedia. Sebelum diukur, kami sudah menyinggung soal belajar menjahit. Amazing, respon bunda begitu cepat. Bunda juga bilang bahwa pernah ada yang seperti kami juga belajar di tempat bunda, yaitu mahasiswi semester akhir yang sudah mau pulang ke kampung halamannya masing-masing dan ingin membawa bekal keahlian menjahit. Tak tanggung-tanggung, bunda juga memotivasi kita bahwa karena semua ada ilmunya maka semua itu bisa dipelajari. So sweet, semoga kami bisa bertahan hingga final.
Setelah saya diukur bunda untuk keperluan pembuatan gamis (maksud pertama tadi), bunda langsung menuliskan peralatan dan bahan-bahan yang harus kami miliki untuk belajar menjahit. Bunda mencatatkannya di kertas, dan menyuruh kami membeli semua itu di toko khusus penjualan alat-alat menjahit di daerah Dinoyo. Alat dan bahan yang dituliskan di secarik kertas itu adalah:
1. Alat tulis
2. Buku besar (folio)
3. Pensil merah biru atau spidol
4. Skala (penggaris kertas)
5. Jarum pentul
6. Gunting
7. Kertas blat
8. Rader


Semoga kami lulus hingga tingkat mahir.
Alhamdulillah, mesin jahit di rumah akan segera dinaikkan ke atas lagi dan bisa bermanfaat. Doakan kami ya teman-teman :)

Kecantikan hakiki adalah kecantikan abadi yang tak pernah berubah, tak pernah mati dan tak pernah lekang termakan zaman ataupun waktu. Kecantikan yang terpancar dari kesantunan, kelembutan, keramahan, kerendahan hati, ketaatan serta kecintaan pada Rabb dan Rasulnya. Seperti kecantikan sejati yang terpancar lewat kecerdasan Aisyah ra., kebijaksanaan Khadijah ra., ketaatan Fatimah Az Zahra, ketabahan Siti Hajar dan keimanan Siti Masyitah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

20 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
Selasa, Februari 19, 2013 delete

kalo boleh tau belajat jahit nya dimana ya? pengen juga belajar jahit nih di sekitaran dinoyo kah?

Reply
avatar
Sakina Widodo
AUTHOR
Kamis, Maret 14, 2013 delete

di daerah kerto ukhti...

Reply
avatar
Sabtu, April 27, 2013 delete

assalamualaikum ukhti..
kalau boleh minta alamat lebih detailnya dimana? saya pengen kursus jahit juga :)

Reply
avatar
Sakina Widodo
AUTHOR
Jumat, Mei 03, 2013 delete

jalan kertopamuji gang masjid, ketawanggede, malang, nanti masuk gang, masuk aja sedikit, langsung di kanan jalan ada plang "rumah modes anggrek", nah di sini, di depan rumah ini ada masjid besar rois dahlan.

Reply
avatar
jesydiah
AUTHOR
Senin, Mei 13, 2013 delete

Assalamualaikum..
kalau boleh tanya berapa ya biaya kursusx....

Reply
avatar
Sakina Widodo
AUTHOR
Rabu, Mei 15, 2013 delete

wa'alaikumsalam wr wb, wah maaf saya kalau biaya resminya kurang tahu (mungkin 15-20ribu perminggu, 2x pertemuan), kemarin belajar dengan bunda sistem tugas take home dan beliaunya hanya berniat membantu secara kekeluargaan, maaf :)

Reply
avatar
Rabu, Juli 24, 2013 delete

Assalamualaikum, kalo minta contact personnya bunda (jadi ikutan manggil bunda, hehe) bisa ngga? Makasihh :-)

Reply
avatar
rzrossyz
AUTHOR
Selasa, Agustus 13, 2013 delete

wah, menarik....
adik saya ingin belajar juga...., besok saya datangi tempatnya untuk liat deh, buka untuk umum kan?

makasih :)

Reply
avatar
Ummi Hanna
AUTHOR
Jumat, Agustus 30, 2013 delete

Setelah baca tulisan di blog ini sy langsung meluncur kesana. Sekedar memberikan info terkini mengenai kursus menjahit di modes anggrek, menurut bunda/bu wiwik saat ini melayani paket.dasar-terampio. Biayanya.2,5 juta

Reply
avatar
Sakina Widodo
AUTHOR
Selasa, Januari 07, 2014 delete

Iya benar sekali Ummi Hanna, terimakasih telah berbagi informasi, menambahkan yg di anggrek modes 2,5 juta itu in shaa Alloh diajarin sampai benar-benar bisa :)
NB: Maaf, bunda tempat saya kursus bukan di bunda yang punya anggrek modes, tapi tetangganya Bu Wiwik. Sekarang sudah pindah di daerah merjosari belakang sardo. Tapi kalau anggrek modes masih di jalan kertopamuji gang masjid, tempat bu wiwik (yg 2.5 juta diajarin sampai bisa) :)

Reply
avatar
Sakina Widodo
AUTHOR
Selasa, Januari 07, 2014 delete

wa'alaikumsalam, maaf sy tidak punya kontak bu wiwik, tapi mbak bisa langsung datang ke jalan kertopamuji gang masjid, tempatnya tidak jauh dari gapura masuk jalan, kanan jalan sebelah masjid rois dahlan, nanti ada plang "anggrek modes"

Reply
avatar
Sakina Widodo
AUTHOR
Selasa, Januari 07, 2014 delete

iyadibuka untuk umum, sama-sama terimakasih kembali :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Selasa, April 08, 2014 delete

ukhty, ana ingin belajar jahit.
gimana masih nerima pelajar ndak?
alamat dan harganya berapa. plis infonya,, syukron..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Sabtu, Mei 24, 2014 delete

saua jga pngen belajar donk. . . .
masih trima pelajar gakk butuh niii

Reply
avatar
FlitZone
AUTHOR
Selasa, Juli 15, 2014 delete

mbak, bisa minta no kontak & alamat bu wiwik yg di daerah merjosari?

Reply
avatar
Ilham
AUTHOR
Rabu, Juli 30, 2014 delete

saya juga pengen

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Selasa, Januari 05, 2016 delete

Mbak, minta alamatnya dong, yang 15-20 rb per minggu, terima kasih...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Rabu, April 13, 2016 delete

sama aku jg ygmurmer.hehehe

Reply
avatar
Evinna
AUTHOR
Rabu, Juli 20, 2016 delete

Waaah lumayan banget yaaa 2,5jt....

Reply
avatar
Ummi Hanna
AUTHOR
Selasa, November 22, 2016 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar

bismillah EmoticonEmoticon